Kamis, 23 April 2015

Batu Safir

   Batu Safir atau Shapire masih termasuk  rumpun mirah merah meskipun agak muda dan segolongan dengan batu batu Corundum / Korund, untuk tingkat kekerasan batu safir diberi nilai 9 menurut skala Freideric Mohs.
   Batu Safir sering dihubungkan dengan hal hal yang suci dan keramat. Cahayanya agak kurang bila dibandingkan dengan Merah Ruby, tapi batu safir amat disukai karena warnanya yg biru langit tidak berawan dalam cahaya yg terang benderang. Batu safir Birma, Safir Khasmir, Safir bludjistan sangat di gemari banyak orang.
   Bangsa Persia kuno percaya bahwa bumi ini di tunjan oleh pilar pilat yg terbuat dari batu safir. Bahkan ada yg mengatakan bahwa ketika nabi Musa As turun dari gunung Sunai , wajahnya sedemikian bercahayannya sehingga orang yahudi silau menatapnya.  Cahaya cahaya yg berkilauan itu adalah cahaya  batu safir bahkan 10 perintah tuhan di goreskan di atas batu Safir.


                                                                     Batu Blue Safir

   Batu Safir yg tulen warnanya tidak begitu biru, jika ada batu safir yg warnanya biru terlalu berlebihan di sebut " Overblue " dan jika terlampau muda di sebut "Underblue". Batu safir yg Overblue atau yang underblue harganya murah. safir yg baik warnanya harus pas biru seperti biru langit.
   Batu Safir biru jika dipanaskan bisa luntur warnanya dan akhirnya menjadi berwarna putih maka batu ini berubah namanya menjadi batu "Leuke Safir".
   Batu Safir Biru jika di soroti Api Buatan / bukan cahaya matahari warnannya akan tetap tetapi ada kalanya berubah warna menjadi agak lebih gelap / biru gelap maka nama nya akan berubah jadi "Purple Safir".
   Batu  Safir selain berwarna biru ada juga yang berwarna hijau  dan kuning meskipun itu sangat langka dan hargannya pasti mahal sekali.
   Batu Safir juga di percaya dapat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, misalnya seperti demam. konon bila batu safir di tumbuk halus dan di campur susu , dan di minum maka akan dapat menghalau racun., dan menyembuhkan penyakit syaraf. Mata akan menjadi fressh jika sering memandang batu Safir.
   Batu Safir juga mempunyai manfaat dapat mem[engaruhi orang untuk bicara dan berpikir lurus.



                                                                       Batu Blue Safir




                                                                    Batu Yellow Safir

   Pada zaman dahulu batu safir dianggap batu kramat dan di persembahkan kepada Dewa apollo, yaitu Dewa Matahari bangsa Yunani dan Romawi.
  Batu batu Safir pertama kali di impor ke eropaberasal dari Arab dan Persia. Sekarang kebanyakan Batu safir di datangkan dari Birma dan Sri Lanka .
  Batu Safir terdapat di negara negara :
1.  India dan Pakistan
2.  Birma
3.  Siam
4.  Vietnam
5.  Australia
 6, Pegunungan Ural ( Rusia )

   Batu Safir yg termasyur yaitu :
1.  Batu Safir berbintang dari India ( 560 karat )
2.  Batu Safir Midnight Star yg berwarna Lembayung / violet 118 karat
 
   Khasiat batu Safir bagi yang memakainya :
1.  Pembawa bahagia dalam perdagangan dan asmara
2.  mempertinggi gaya
3.  memberi ketentraman hidup
4.  melindugi dari kejahatan
5.  menolak racun, menolak bahaya,  terhindar dari penyakit kulit
6. dapat mempunyai penglihatan ghaib
AWASSSS... keindahan dan aura batu safir akan hilang apabila pemakainya melakukan hal tidak senonoh/asusila..


Semoga bermanfaat, terimakasih.

















 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar